Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati

Hari Rabu,  15 Maret 2023 Dinas Lingkungan Hidup mengadakan acara Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Keanekaragaman Hayati di Karangasem Seloharjo Pundong Bantul. Acara tersebut dimulai pukul 09.00 wib.

Sosialisasi dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga masyarakat kaum bapak dan ibu sejumlah 50 orang.

Dalam acara tersebut warga masyarakat di himbau untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan sebagai usaha perlindungan dari potensi pencemaran dan kerusakan lingkungan terutama terhadap kelestarian flora dan fauna.

Dipraktekan juga mengenai pemilahan sampah dan pemanfataan sampah organik yang berasal dari rumah tangga untuk dijadikan pupuk organik berupa pupuk organik padat dan pupuk organik cair beserta hasil sampingan berupa maggot dengan menggunakan perangkat komposter. 

Permasalahan sampah plastik merupakan problem utama pengelolaan sampah, sebisa mungkin plastik digunakan secara maksimal sebelum menjadi sampah. Sampah plastik tidak boleh dibuang sembarangan karena akan menghasilkan sampah microplastik dalam proses penguraiannya, termasuk dengan dibakar akan menghasilkan pencemaran udara yang merusak lapisan ozone.   

Usaha pengurangan sampah anorganik dengan meminimalisir penggunaan kantong plastik dan plastik bungkus snack, diganti dengan bahan yang berbahan organik dan mudah untuk daur ulang.

Selain terkait materi persampahn dan lingkungan di paparkan juga tentang peraturan daerah dan peraturan lainnya tentang regulasi pengelolaan sampah serta situasi actual TPST Piyungan yang telah overload sebagai edukasi kepada masyarakat.