Pengangkutan Sampah Taman Millenial

Kamis, 31 Maret 2022

Tim Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pengangkutan sampah di area Taman Millenial Bantul. Kegiatan ini rutin dilaksanakan mengingat Taman Millenial yang disenangi masyarakat untuk berkegiatan sehingga ditakutkan sampah akan menumpuk dan menjadi pemandangan yang tidak sedap.

Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan taman dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah di sediakan dan juga memilah sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Di area Taman Millenial Bantul telah kami sediakan tempat sampah dengan 3 warna yaitu merah, kuning dan hijau. 

Tempat sampah warna merah menampung khusus sampah B3 atau sampah dengan Bahan Berbahaya dan Beracun. Yang termasuk dalam kategori ini adalah pecahan kaca, bahan-bahan kimia, dan benda berbahaya lainnya. 

Tempat sampah warna kuning untuk sampah anorganik. Contohnya adalah plastik, kaleng, styrofoam, dan sebagainya. Berbeda dengan sampah organik, bahan anorganik yang rata-rata merupakan benda yang diciptakan oleh mesin sangat sulit terurai. Bahkan sampah seperti plastik baru dapat terurai di tanah selama ratusan tahun, dan sebelum terurai plastik tersebut dapat turut merusak lingkungan.

Tempat sampah yang berwarna hijau, artinya hanya sampah-sampah organik yang dapat dibuang ke tempat tersebut. Sampah organik mencakup sampah-sampah alami seperti dedaunan, ranting pohon, dan sisa makanan. Sampah organik mudah terurai di alam. Selain itu sampah organik juga dapat bermanfaat untuk bahan pembuatan pupuk kompos.