Pemasangan Taman Vertikal RTH Komplek Masjid Agung Manunggal Bantul

Rabu, 04 Januari 2023

Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pemasangan taman vertikal di komplek Masjid Agung Manunggal Bantul. Taman Vertikal ini merupakan salah satu cara untuk menambah keindahan dan kerindangan area Masjid Agung. Kedepannya taman vertikal tersebut akan diberi tanaman hidup.

Taman vertikal cukup berdiri tegak di dinding baik dan hemat tempat. Selain  untuk  memperindah, taman vertikal yang berada di dalam ruangan berfungsi sebagai penghasil udara yang baik.

Taman vertikal tidak memerlukan usaha yang ekstra untuk merawatnya, karena kita tidak perlu untuk membungkuk untuk melakukan perawatan seperti memotong daun, menyirami, dan memberi pupuk. Hal ini dapat meringankan kondisi tubuh kita, terutama bagi orang tua yang rentan terkena sakit punggung.

Taman vertikal juga fleksibel, bisa ditempatkan jauh dari hewan dan serangga hama seperti kelinci, siput, dan serangga hama lain, sehingga kita bisa berkebun organik tanpa menggunakan pestisida dan jauh lebih mudah.

Taman vertikal lebih mudah dalam mengontrol penyebaran gulma, dan juga waktu yang kita gunakan untuk berkebung jadi jauh lebih singkat.

Tanaman yang tumbuh ke atas akan lebih banyak menerima sinar matahari dan meningkatkan  sirkulasi udara.