Pelatihan Pengelolaan Sampah di Ruang Pertemuan Kalurahan Triharjo Pandak Bantul

Pelatihan Pengelolaan Sampah di Ruang Pertemuan Kalurahan Triharjo Pandak Bantul dilakukan selama 3 hari mulai tanggal 8 hingga 10 Agustus 2022 dengan jumlah peserta sekitar 30 orang. 

Hari pertama pada pelatihan ini diawali dengan rangkaian acara pembukaan dilanjutkan dengan pretest sebagai pengukuran pengetahuan awal peserta sebelum mengikuti pelatihan. 

Selanjutnya sesi pertama disampaikan materi tentang Pengelolaan sampah di kabupaten Bantul melalui kegiatan Bantul Bersama oleh Ibu Dedi Wijayanti dari UAD, dilanjutkan dengan materi shodaqoh sampah oleh Bapak Ananto, dan diakhiri pemaparan materi oleh Pengelolaan Sampah Berbasis BUMKal oleh Andri Ismanto. 

Pada hari kedua materi yang disampaikan terkait dengan Pembentukan PSM dan SIMBERSAMA yang disampaikan oleh fasilitator, Praktek 3R dirumah tangga oleh Ibu Neni Widuri Lestari, dan terakhir materi disampaikan tentang Proses Bisnis Sampah dengan BSF oleh Tomi Wahyu Pradana. 

Sedangkan hari terakhir materi yang disampaikan terkait dengan Pengelolaan Sampah di Tingkat Kalurahan yang disampaikan oleh Lurah Triharjo, Membuat Kompos Rumah Tangga, komunal dan prospeknya yang disampaikan oleh bapak Jumali dan yang terakhir materi yang disampaikan adalah membuat kerajinan tangan dari sampah anorganik oleh Mirna Dewi. 

Di penghujung acara, dilakukan postest untuk mengukur pengetahuan peserta tentang pengelolaan sampah.