Pelatihan Pengelolaan Sampah di Girirejo Imogiri

Pelatihan Pengelolaan Sampah
Selasa 09 Mei 2023

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah di Pendhopo Kendali Jiwo Dronco Girirejo Imogiri Bantul. Pelatihan ini berlangsung selama tiga hari dari hari selasa tgl 09 Mei hingga hari Kamis tanggal 11 Mei 2023.

Peserta Pelatihan terdiri 30 orang dari Perwakilan seluruh Dusun di Kalurahan Girirejo Imogiri Bantul.
Dalam Laporannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul yang di wakili oleh Subkoor Pengurangan Sampah Yenni Misbawati, Menyampaikan bahwa Pelatihan Pengelolaan Sampah ini terdiri dari beberapa materi yaitu : Kebijakan pengelolaan sampah, Permasalahan pengelolaan sampah di Kalurahan, metode shodaqoh sampah,  Pembentukan PSM dan Registrasi SIMBERSAMA, disertai dengan beberapa materi praktek langsung pengelolaan sampah Organik dan An Organik, Bisnis Budidaya Magot serta Pengelolaan sampah secara Zero Waste.

Pada pelatihan ini juga terbentuk kepengurusan pengelola sampah mandiri (psm) sebanyak 5 padukuhan.

Pelatihan Pengelolaan sampah ini bertujuan  agar masyarakat dapat mengelola sampah secara mandiri dari rumah tangga sehingga dapat mewujudkan Program Strategis Pemerintah Kab.Bantul yaitu Bantul Bersama (Bantul Bersih Sampah 2025).