Pelatihan Pemberdayaan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati

Rabu 08 Juni 2022 Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Pelatihan Pemberdayaan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati di Balai Dusun Srontakan Argomulyo Sedayu.

Pelatihan ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, pendamping pengelola sampah dusun dan warga masyarakat sekitar termasuk kaum ibu rumah tangga sejumlah 30 orang.

Tema pelatihan, mengenai pemanfaatan pekarangan rumah dengan tanaman buah dan pengolahan sampah organik dalam rangka menunjang pengelolaan keanekaragaman hayati. 

Selain itu juga himbauan kepada warga masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan sebagai usaha perlindungan dari potensi pencemaran dan kerusakan lingkungan terutama terhadap kelestarian flora dan fauna.

Sebagai langkah nyata yang perlu diimpelementasikan adalah dengan adanya larangan perburuan terhadap satwa seperti hewan mamalia, reptile liar, burung, ikan di sungai dan sebagainya

Dalam kesempatan ini juga di paparkan tentang peraturan daerah dan peraturan lainnya tentang regulasi pengeloalaan sampah serta situasi actual TPST Piyungan sebagai edukasi kepada masyarakat.

Dalam hal ini dipraktekan juga mengenai pemilahan sampah dan pemanfataan sampah organik yang berasal dari rumah tangga untuk dijadikan pupuk organik berupa pupuk organik padat dan pupuk organik cair beserta hasil sampingan berupa maggot dengan menggunakan perangkat komposter.

Terakhir dilakukan pembentukan kelompok pengelola sampah dusun dengan nama “Srikandi Berseri” dilanjutkan penyerahan bibit tanaman buah beserta pupuk tetes tebu kepada masyarakat untuk ditanam di pekarangan rumah dan perangkat komposter sebagai sarana pengolahan sampah organik.