Visi dan Misi

Visi

Visi merupakan rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Dengan mengacu pada RPJMD Kabupaten Bantul tahun 2016- 2021, Visi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul adalah:

"Bersih, sehat, sejuk, lestari dan proaktif di bidang pengendalian dampak lingkungan"

Visi tersebut mengandung pengertian bahwa kondisi Kabupaten Bantul yang ingin diwujudkan di masa yang akan datang adalah Bantul yang bersih, sehat, sejuk dan lestari yang semuanya itu akan diwujudkan melalui misi.

Bersih artinya disini mengandung aspek estetika artinya disamping pengelolaan sampah, kotoran dan limbah secara benar namun juga indah dipandang mata

Sehat  artinya lingkungan yang bebas dari kuman dan sarang penyakit

Sejuk artinya suatu kondisi yang dipengaruhi oleh banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh  terpelihara dimana-mana

Lestari artinya tetap terjaga alam sebagai daya tampung dan daya dukung makhluk hidup khususnya masyarakat  Bantul

Proaktif memiliki arti harfiah “lebih aktif”. Hal ini berarti Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul akan lebih aktif dan responsiif dalam menjawab kondisi, tantangan dan permasalahan lingkungan hidup.

Misi

Dengan kesadaran bahwa visi merupakan keinginan ideal dan pencapaiannya bersifat jangka panjang, merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Pada  RPJMD Kabupaten Bantul tahun 2016 – 2021, bidang lingkungan hidup ada pada misi 4 “Meningkatkan kapasitas dan kualitas sarana prasarana umum, pemanfaatan SDA dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan risiko bencana”. Mengacu pada misi yang tertuang dalam RPJMD tersebut, misi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul adalah :

  1. Melaksanakan kegiatan sekretariat secara profesional dan meningkatkan kualitas pelayanan
  2. Melaksanakan pengendalian pencemaran dan dokumen lingkungan
  3. Melaksanakan pengendalian kerusakan dan konservasi sumber daya alam.
  4. Melaksanakan penaatan hukum dan pengembangan kapasitas.