Berita

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Se-Dunia

Kamis Wage, 17 Juni 2021 10:53 WIB 96

foto
Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Se-Dunia

Degradasi lahan adalah proses menurunnya  produktivitas lahan, baik sementara maupun secara tetap. Biasa juga disebut lahan kritis, lahan yang tidak subur dan tidak bisa dipakai untuk pertanian maupun perkebunan.

Ada beragam penyebab degradasi lahan, diantaranya erosi air, angin, degradasi secara kimiawi dan biologi.

Tak hanya itu saat ini degradasi lahan juga disebabkan oleh pencemaran akibat industri pertanian dan  pertambangan, alih fungsi pertanian untuk perumahan dan lainnya.  

Efeknya banyak terjadi kematian karena kelaparan. Data  Sekretariat Konvensi PBB tentang Penanggulangan Degradasi Lahan menunjukkan, terdapat 16 orang yang kelaparan setiap menit, dan 12 diantaranya adalah anak-anak.

Prediksi yang lebih mengerikan, tahun 2025 setidaknya 1,8 miliar penduduk akan mengalami kekeringan dan 2/3 penghuni bumi akan hidup dalam kondisi kekurangan air. Tahun 2045 lebih parah lagi, sekitar 135 juta orang akan berpindah tempat diakibatkan desertifikasi 

Karena gawatnya permasalahan ini, Majelis Umum PBB tahun 1994 melalui resolusi No. A/Res/49/115 menetapkan tanggal 17 Juni sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan  (World Day to Combat Desertification and Drought)

Tujuan peringatan Hari Penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga agar terus menjaga lingkungan sehingga terhindar dari kekeringan serta diharapkan dapat berkontribusi dalam menanggulangi degradasi lahan.