Berita

Kegiatan Bimbingan Teknis Krida 3R Pemanfaatan Limbah untuk Saka Kalpataru Kabupaten Bantul dalam Rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021

Ahad Pon, 21 Februari 2021 16:03 WIB 36

foto
Kegiatan Bimbingan Teknis Krida 3R Pemanfaatan Limbah untuk Saka Kalpataru Kabupaten Bantul dalam Rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021

Dalam rangka memperingati dan mendukung Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2021 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Dewan Pembina Saka Kalpataru Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Untuk Pengembangan Krida 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Saka Kalpataru. Kegiatan ini diselenggarakan di Basecamp Saka Kalpataru Jl. Samas, Kalijurang, Srigading, Sanden, Bantul pada tanggal 21 Februari 2021. Pada bimbingan teknis ini materi yang disampaikan adalah pembuatan pupuk organik cair dari limbah peternakan serta pembuatan pot bunga dengan memanfaatkan limbah kain perca sebagai pendukung Hari Peduli Sampah Nasional 2021 yang mengusung tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”.

Kegiatan bimbingan teknis ini diikuti oleh Dewan Pembina Saka Kalpataru, adik-adik Saka Kalpataru Kabupaten Bantul, Pamong Saka Kalpataru Kabupaten  Bantul Kakak Dwi Haryanto, serta perwakilan dari Kwartir Gerakan Pramuka Cabang (Kwarcab) Bantul Kakak Sarjito dengan tetap mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi. Peserta bimbingan teknis dibagi menjadi tiga kelompok untuk mencegah terjadinya kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Sri Rahayu, ST., dalam kesempatan ini menyampaikan harapannya kepada Saka Kalpataru Kabupaten Bantul untuk dapat menjadi pelopor di lingkungannya masing-masing dalam hal pemanfaatan nilai ekonomi limbah, khususnya sampah rumah tangga, menjadi sumber pendapatan dan membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Bantul dalam masa pandemi ini. Pengetahuan mengenai pembuatan pupuk organik cair dan pot bunga dari kain perca diharapkan dapat diserap dan kemudian diteruskan  oleh anggota Saka Kalpataru Kabupaten Bantul di lingkungan masing-masing. Kakak Sarjito perwakilan dari Kwarcab Bantul juga menyampaikan apresiasinya kepada Saka Kalpataru atas tetap aktifnya kegiatan kepramukaan, khususnya Saka Kalpataru, di masa pandemi ini.