Berita

PENYUSUNAN PERATURAN DESA PENGELOLAAN SAMPAH

Jumat Kliwon, 20 Maret 2020 09:04 WIB 91

foto

Program Bantul Bersih Sampah di Kabupaten Bantul dilanjutkan pada tahun 2020. Target BBS 2019 yang saat itu capaiannya sampah tidak dibuang sembarangan dalam hal ini sampah ditempatkan pada tempatnya masih belum menyentuh semua elemen. Masih ditemukan sampah dibuang sembarangan. Kabupaten Bantul mempunyai perda baru tentang pengelolaan sampah. Dalam Perda tersebut Setiap orang berkewajiban melaksanakan kegiatan pengelolaan sampah (pasal 4) Sampah yang dihasilkan harus dikelola dengan baik secara sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang melibatkan berbagai pihak dan seluruh lapisan masyarakat. 
Pemerintah Desa mempunyai tanggung jawab dalam hal pengelolaan sampah. Pemerintah Desa bertanggung jawab dalam melakukan pengelolaan sampah di wilayah desa (Pasal 37). Pemerintah Desa melakukan pengelolaan sampah dalam bentuk pengangkutan sampah dari transfer depo dan/atau transferstation, TPS/ TPS 3R/TPST bekerjasama dengan Perangkat Daerah yang membidangi pengelolaan sampah (pasal 39).
Untuk mengakomodir tanggung jawab pemerintah desa tersebut, DLH mengadakan sosialisasi dan Penyusunan Perdes Pengelolaan Sampah pada Hari Senin, 16 Maret 2020. Bertempat di Aula Kantor Bupati Bantul, sosialisasi dihadiri perwakilan 75 desa yang ada di Kabupaten Bantul. Dalam sambutannya Bapak Kepala DLH mengingatkan bahwa Pemerintah desa wajib melakukan pengelolaan sampah di wilayah desa. Dalam Perbup Nomor 83 Tahun 2019 Tentang Sinkronisasi Program dan Kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Dengan Anggaran dan Belanja Daerah Tahun 2020 dalam pasal 4 menyebutkan bahwa prioritas pemantapan ketahanan pangan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup wajib dianggarkan dalam APBDES melalui program ketahanan pangan dan lingkungan hidup.
Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan antara lain gerakan bantul bersih sampah, pengadaan bank sampah/rumah pilah sampah paling sedikit 1 unit setiap desa; pembangunan tempat pembuangan sampah sementara (TPSS); penyertaan modal desa kepada Badan usaha milik desa yang bergerak di bidang pengelolaan sampah; penanganan pembuangan sampah liar dan penyusunan perdes tentang persampahan.
Narasumber dalam acara tersebut Bpk Sekretaris DLH dan Bpk Agus Subagyo dari Panggungharjo. Tujuan akhir acara sosialisasi ini adalah semua pemerintah desa di Kab.Bantul memiliki Perdes Pengelolaan Sampah sampai akhir tahun 2020. Semoga dengan adanya Perdes Pengelolan Sampah, sampah yang dihasilkan warga dapat diselesaikan Oleh masing-masing warga sendiri.