Berita

Pembahasana draft UKL UPL pembangunan SMPIT As Salam

Senin Kliwon, 24 Februari 2020 14:24 WIB 14

foto

Selasa 18 Februari 2020 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul melakukan pembahasan UKL UPL di SMP IT As Salam Sanden. Dengan dilakukannya pembahasan ini, maka akan dibahas kegiatan yang akan dilaksanakan dan masukan dari pihak pemerintah setempat dan dinas terkait guna penyempurnaan dokumen UKL UPL. 

Salah satu kelengkapan dokumen yang harus  lengkapi ketika  ingin mendirikan suatu usaha adalah dokumen UKL UPL. Dokumen ini menjadi syarat penting yang harus di lengkapi sebagai syarat untuk mengetahui apakah perusahaan  akan memberikan dampak untuk lingkungan sekitar perusahaan  ataupun tidak. Banyak peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pembuatan dokumen UKL UPL.

Fungsi pertama dengan adanya pembuatan dokumen UKL UPL di konsultan UKL UPL adalah  bisa mengetahui tentnag kondisi lingkungan yang ada didaerah sekitar usaha. Dengan mengetahui lingkungan yang ada disekitar daerah wilayah, maka bisa mengetahui bagaimana usaha tersebut. Setelah mengetahui kondisi lingkungan yang ada disekitar, fungsi berikutnya dari pembuatan dokumen UKL UPL adalah bisa merumuskan langkah-langkah bagaimana melakukan pencegahan, penanggulan dan pengendalian dampak negative yang mungkin diakibatkan oleh perusahaan.

Fungsi ketiga dengan pembuatan dokumen UKL UPL adalah bisa menyusun dan lebih meningkatkan dampak positive yang bisa diakibat oleh perusahaan . Dengan adanya pembangunan suatu perusahaan pasti akan memiliki dampak negative dan dampak positive. Dokumen UKL UPL yang dibuat  akan memberikan penjabaran secara rinci, tidak hanya dari dampak negative saja melainkan juga bisa menjabarkan dampak positive yang mungkin bisa ditimbulkan dari pembangunan perusahana. Dengan adanya kemungkinan ini, maka bisa membuat dampak positive yang semakin meningkat untuk mengimbangi dari dampak negative dari perusahaan.

Fungsi keempat dengan adanya dokumen UKL UPL yang dibuat adalah bisa merumuskan langkah-langkah pemantauan lingkungan hidup. Hal ini bisa sangat membantu untuk mengetahui efektivitas pengelolaan lingkungan hidup yang sudah dilakukan. Pemantauan sangatlah penting untuk menjaga lingkungan sekitar daerah perusahaan tetap dalam kondisi yang kondusif dan meminimalisir dampak negative yang mungkin bisa sangat berpengaruh untuk lingkungan.

Dokumen UKL UPL juga sangat berguna untuk menjadi sebuah pedoman dalam melakukan pelaksanaan, pencegahan, penganggulangan hingga mengendalikan kerusakan dan kemungkinan adanya dampak pencemaran lingkungan hidup. Setelah melakukan rancangan pada dokumen, maka dari dokumen UKL UPL bisa menjadi pakem bagaimana melaksanakan penanggulangan segala kemungkinan buruk yang didapat.

Selain itu, dokumen UKL UPL juga bisa menjadi salah satu sarana untuk menghubungkan perusahaan dengan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah. Dokumen UKL UPL ini berguna sebagai informasi tentang kondisi perusahaan dan lingkungan daerah sekitar perusahaan. Dengan adanya dokumen UKL UPL ini pemerintah juga bisa membantu untuk pemantauan dan pengelolaan terhadap lingkungan hidup yang ada di daerah perusahaan.