Berita

Bantul Meraih Sertifikat Adipura Tahun 2016

Senin Legi, 25 Juli 2016 12:05 WIB 1493

foto
Bantul Meraih Sertifikat Adipura Tahun 2016

Kabupaten Bantul pada tahun 2016 memperoleh penghargaan Adipura berupa “Sertifikat” untuk kategori Kota Kecil. Penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bantul atas peningkatan kinerja dalam pengelolaan lingkunga hidup wilayah Kabupaten Bantul tahun 2016. Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha melalui penghargaan adipura untuk mewujudkan kota-kota yang berkelanjutan, baik secara ekologis, sosial, dan ekonomi melalui penerapan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Penghargaan ini adalah merupakan penantian panjang lebih dari 13 tahun Kabupaten Bantul tidak mendapatkan Penghargaan Adipura. Hal ini membuktikan upaya nyata dari Pemerintahan Kabupaten Bantul dalam menjabarkan visinya yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera, berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, nasionalisme, dan religius dalam wadah NKRI. Melalui penghargaan ini diharapkan Pemerintah Kabupaten Bantul dapat meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penilaian yang dilakukan berkaitan dengan penilaian Adipura adalah non fisik dan fisik. Penilaian fisik meliputi penilaian lingkungan hidup pada pemukiman, perumahan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), jalan, pasar, TPS 3 R, pengelolaan sampah, sekolah adiiwiyata, hutan kota, terminal, bank sampah , sarana dan prasarana pengelolaan sampah, TPA Piyungan, komitmen Pemerintah Daerah, rumah sakit, pengelolaan perairan terbuka, dan lain-lain.

Kedepan Pemerintah Kabupaten Bantul dengan stakeholders dan masyarakat akan meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan hidup. Sehingga dengan komitmen semua pihak Bantul akan bersih, hijau, asri, bersih, rindang dan sehat segera akan terwujud.