Berita

Pelajar Indonesia Sabet Medali di Olimpiade Lingkungan Hidup di Kenya

Jumat Pon, 13 Mei 2016 23:28 WIB 1118

foto
Foto: Repro Penganugerahan medali kepada Tim dari Kesatuan Bangsa School (dok KBRI Nairobi)

Jakarta - Pelajar Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, siswa SMA dari Kesatuan Bangsa School berhasil memenangkan olimpiade lingkungan hidup di Nairobi.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima detikcom, Selasa (2/5/2016), acara ini diselenggarakan oleh "Light Academy", sebuah sekolah internasional di Nairobi. Acara ini diikuti oleh sekolah-sekolah dari 27 negara.

Terdapat 151 karya ilmiah bertema lingkungan hidup dipresentasikan oleh para peserta. Para peserta memaparkan karyanya mulai 30 April sampai dengan 2 Mei 2016.

"Kami berdebar-debar menunggu pengumuman hasil penilaian," demikian seorang peserta Alvin Rahmat Setiawan dari SMA Kesatuan Bangsa School, Yogyakarta saat menunggu pengumuman pemenang di Nairobi.

Indonesia menerjunkan 2 tim dalam kompetisi ini. Keduanya membawa isu lingkungan yaitu genteng berbahan baku sampah plastik dan proses pembuatan minyak kelapa dengan proses ramah lingkungan.

Olimpiade yang diadakan ini untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda terhadap lingkungan hidup dan ilmu pengetahuan. Kemenangan tim Indonesia yang membawa medali emas dan perunggu ini, mendapatkan apresiasi dari Duta Besar RI Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo.

"Isu lingkungan hidup merupakan salah satu bidang tugas yang ditangani oleh KBRI Nairobi," kata Dubes Soehardjono Sastromihardjo.

"Di samping diakreditasikan untuk Kenya dan negara-negara sekitar, KBRI Nairobi juga merangkap sebagai Perwakilan RI untuk Badan PBB yang menangani lingkungan hidup (UNEP) dan pemukiman (UN-Habitat). Saya harapkan, ke depan, semakin banyak anak-anak Indonesia yang ikut berkompetisi dalam berbagai ajang internasional," sambung dia. 
(aws/aws)

Sumber : http://news.detik.com/berita/3203430/pelajar-indonesia-sabet-medali-di-olimpiade-lingkungan-hidup-di-kenya​

 

SMA KESATUAN BANGSA SCHOOL YOGYAKARTA

Jl Wates Km 10 Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta, Bantul Sub-District, Special Region of Yogyakarta (0274) 798641