Berita

Teknologi Pengolahan Limbah Cair Industri

Kamis Kliwon, 31 Maret 2016 23:08 WIB 1539

foto

Permasalah pengelolaan dan pengolahan air limbah yang memenuhi syarat baku mutu limbah cair tidak hanya dialami oleh masyarakat umum saja, akan tetapi juga dialami oleh masyarakat industri, baik industri kecil, menengah maupun besar yang bergerak dalam berbagai bidang industri. Masalah air limbah yang kurang memenuhi syarat tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kualitas lingkungan, khususnya lingkungan perairan.


Untuk industri besar permasalahan limbah cair mungkin dapat diatasi oleh pihak industri itu sendiri karena mempunyai modal yang cukup, akan tetapi bagi industri kecil dan menengah yang jumlahnya cukup banyak, masalah tersebut belum tersentuh sama sekali. Sehingga limbah cair terbuang yang tidak melalui proses pengolahan terlebih dahulu dapat menyebabkan masalah pencemaran lingkungan yang mungkin dapat mengganggu penyediaan sumber air bersih.


Sebagai salah satu bentuk penyebaran informasi paket-paket teknologi yang telah dikaji dan diterapkan di berbagai daerah di Indonesia,  Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan, Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi, Material dan Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menerbitkan buku berjudul Teknologi Pengolahan Limbah Cair Industri tahun 2002. Buku ini memuat paket teknologi pengolahan limbah cair. Buku ini dibuat untuk membantu masyarakat, industri kecil dan menengah maupun industri besar dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pengolahan limbah cair.

Informasi lebih lengkap tentang teknologi pengelolaan limbah cair industri dapat di : http://www.kelair.bppt.go.id/Publikasi/BukuLimbahCairIndustri/BukuLimbahCairIndustri.html