Berita

Sosialisasi Perda DIY tentang Pelestarian Habitat Alami di Kecamatan Imogiri

Kamis Pon, 24 Maret 2016 08:57 WIB 2186

foto

Selasa, 15 Maret 2016 di Pendopo Kantor Kecamatan Imogiri dilaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah DIY No. 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Habitat Alami oleh BLH DIY bekerjasama dengan BLH Bantul.

Dipilihnya Kecamatan Imogiri menjadi lokasi sosialisasi sangat tepat, dikarenakan Imogiri memiliki habitat alami yang banyak beragam dibanding kecamatan lain di Bantul dan juga sebagian masyarakat Imogiri memiliki pendapatan dari pemanfaatan habitat alami disekitar lingkungannya.

Bahwa kehidupan manusia harus menjaga kelestarian alam sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan perwujudan dari falsafah Daerah Istimewa Yogyakarta, hamemayu hayuning bawana. Bahwasannya pembangunan yang berorientasi pada peningkatan ekonomi yang mengabaikan faktor lingkungan, serta terjadinya bencana alam telah mengakibatkan terganggunya habitat alami yang mengancam keanekaragaman tumbuhan dan satwa. Sehingga habitat alami sebagai tempat hidup dan berkembang biak satwa dan tumbuhan belum diatur secara memadai.

Acara sosialisasi dibuka oleh Drs. Sigit Subroto, Camat Imogiri. Sebagai pembicara pertama Drs. Atmadji, Kepala Bidang Kajian Lingkungan BLH DIY, Pembicara kedua Ruruh Haryata, SH, ST, M.Kes, Kepala Sub Bidang Penaatan Hukum BLH DIY. Peserta terdiri dari SKPD terkait di Bantul, Kecamatan, Pemerintah Desa, Sekolah, dan Pengusaha di Bantul. Acara berjalan sangat lancar, banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta sosialisasi sebagai bentuk ketertarikan peserta untuk mendalami materi tentang pelestarian habitat alami di DIY yang merupakan warisan bagi anak cucu kita kelak.