Berita

Apa itu Standar Euro untuk Emisi Gas Buang?

Rabu Pahing, 23 Maret 2016 09:16 WIB 2430

foto

Selain regulasi keselamatan yang harus dipatuhi, masih ada lagi regulasi soal lingkungan. Secara garis besar regulasi ini untuk  mengontrol tingkat gas buang yang dihasilkan oleh suatu mobil. Untuk satu ini, industri otomotif global cenderung mengacu pada standar Euro yang dikembangkan oleh European Standarts Organization sejak tahun 1992.

Mengenai penerapan standar Euro ini, tiap negara memiliki kebijakan berbeda-beda. Sejauh mana suatu negara peduli pada isu lingkungan, semakin tinggi pula standar Euro yang digunakan. Untuk membaca standar ini, bisa melihat angka setelah Euro. Bila suatu negara masih menerapkan Euro 2, artinya negara itu masih membolehkan mobil dengan gas buang tinggi dijual di wilayahnya.

Perlu diketahui bahwa emisi kendaran bermotor mengandung gas karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), volatile hydro carbon (VHC), dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia ataupun lingkungan bila melebihi ambang konsentrasi tertentu. Untuk, menekan itu maka ada ambang batas yang harus dipatuhi. Dalam standar Euro, semakin tinggi angkanya, semakin kecil pula emisi yang ditoleransi.

Nah, sejak tahun 2014, negara-negara maju telah menerapkan standar Euro 6. Bagaimana dengan Indonesia? Hingga saat ini, pemerintah masih menggunakan standar emisi Euro 2 sebagai pegangan. Sungguh jauh tertinggal. “Konon kabarnya, Indonesia akan langsung melompat dengan menerapkan standar Euro 4 di tahun 2018," kata Priyo Wicaksono, Marketing & Product Planning Department PT Astra Daihatsu Motor di acara Automotif Workshop for Journalist, di Jakarta, hari ini (22/3/2016).   

Namun,  ia menambahkan, rencana itu sepertinya masih belum bisa terwujud lantaran masih ada bahan bakar dengan RON 88 yang beredar.  Artinya, walaupun mobil-mobil baru keluaran produsen sudah memenuhi syarat Euro 4, namun tetap saja tingkat emisinya tinggi bila masih menggunakan bahan bakar dengan timbal.

Sumber : http://marketeers.com/article/apa-itu-standar-euro-untuk-emisi-gas-buang.html