Berita

Bantul Memiliki Peraturan Daerah Baru Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Selasa Wage, 27 Oktober 2015 09:59 WIB 3038

foto

Pembangunan di Bantul yang dinamis dengan meningkatnya berbagai usaha dan kegiatan mengakibatkan terjadinya perubahan ekologi yang cepat ternyata telah berdampak merusak lingkungan hidup. Meningkatnya
pencemaran air, pencemaran udara, kerusakan lahan, dan tanah merupakan dampak dari pembangunan yang tidak memperhatikan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Dari hasil inventarisasi permasalahan lingkungan hidup di Bantul yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul diperoleh beberapa permasalahan lingkungan hidup yaitu: pencemaran air tanah, pencemaran udara, permasalahan sampah, kerusakan lahan akibat penambangan galian golongan C, kerusakan kawasan pantai akibat abrasi dan alih fungsi lahan, dan semakin menurunnya keanekaragaman hayati.

Kualitas air tanah dan air permukaan Bantul mengalami penurunan, terutama di wilayah perkotaan diperkirakan terus mengalami ancaman pencemaran seiring terus bertambahnya jumlah penduduk serta berkembangnya usaha atau kegiatan masyarakat. Sumber pencemaran air berasal dari limbah rumah tangga, peternakan, dan industri yang masih banyak membuang limbahnya langsung ke sungai tanpa diolah lebih dulu.

Kondisi tersebut akibat masih kurangnya pemahaman, pengetahuan, dan ketrampilan dari berbagai pihak terkait dengan permasalahan pencemaran air tanah dan air permukaan.

Melihat kondisi sebagaimana disebutkan diatas dan mengingat kewenangan yang diberikan oleh UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup kepada Kabupaten untuk membuat kebijakan didaerah, maka disusunlah Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Bantul.

Berdasarkan Prolegda 2015, DPRD Bantul dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan pembahasan Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan sudah disahkan pada tanggal 1 September 2015.

Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dapat di download disini