Berita

BLH Klaten Studi Banding Ke Laboratorium BLH Bantul

Selasa Pahing, 20 Oktober 2015 09:21 WIB 2795

foto

Jum'at, 09 Oktober 2015. Rombongan BLH Kabupaten Klaten mengunjungi BLH Kabupaten Bantul. Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris BLH Kab. Klaten ini disambut oleh Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Dokumen Lingkungan Hidup, Antoni Hutagaol, ST, MT, di Ruang Adipura BLH Kabupaten Bantul.

Laboratorium BLH Kab. Bantul yang telah mendapat sertifikat akreditasi KAN tahun 2015. BLH Kab. Bantul mulai melakukan pembelian sarana prasarana berupa peralatan laboratorium (terutama yang portabel) pada tahun 2006. Gedung aboratorium dibangun pada tahun 2008. Tahun 2012 baru mempunyai tenaga kontrak. 

Keberhasilan akreditasi merupakan komitmen kerjasama seluruh bagian BLH Kab. Bantul. Proses akreditasi memerlukan waktu 1 tahun terhitung sejak pengajuan hingga terbitnya sertifikat akreditasi. Proses yang dilalui yaitu: pemenuhan sarpras (alat dan bahan, gedung, personil--sertifikat pelatihan dan kursus-kursus--kalibrasi, validasi, audit mutu), penyusunan dokumen mutu, audit internal (dilakukan saat kursus--in house training oleh pemberi kursus--teori sekaligus praktek dan mendapat hasil), pelaksanaan dokumen mutu selama 3 bulan, pengiriman laporan pelaksanaan dokumen mutu ke KAN, assesment, 45 hari kerja menyelesaikan temuan, melakukan sidang pantek, kemudian pada akhirnya mendapat akreditasi. Persiapan teknis yang dilakukan antara lain: kalibrasi alat, lengkapi CoA bahan, diklat personil, mengumpulkan dan mempelajari teori pengujian parameter yang akan diakreditasi.

Sebelum acara diskusi dan tanya jawab dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke laboratorium BLH Kab. Bantul, dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari BLH Kab. Bantul pada BLH Kab. Klaten.

Semoga dengan adanya kunjungan BLH Kab. Klaten ini, kedua kabupaten mendapat manfaat dan memperoleh pengetahuan terkait pengelolaan laboratorium LH pada khususnya dan pengelolaan LH pada umumnya. 

(ym)