Berita

BLH Bantul Tampil di Jogja TV Dalam Rangka Sosialisai Perda Lingkungan Hidup

Selasa Legi, 29 September 2015 11:16 WIB 1981

foto

Senin, 28 September 2015, bertempat di Jogja TV Jalan Wonosari Yogyakarta, dalam acara Gardu Projotamansari, BLH Bantul menjadi narasumber acara yang bertema Sinergitas Perda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bantul Terhadap Pelestarian, Pengelolaan, dan Pengendalian Lingkungan di Bantul.

Dalam acara ini, hadir 3 narasumber, H. Bibit Rustamto sebagai Ketua Pansus Perda Perlidungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup DPRD Bantul, Kepala BLH Bantul, Drs. Eddy Susanto, dan Ichsan Santoso, ST, Penyusun Draft Raperda Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Bantul.

Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup telah diundangkan pada tanggal 1 September 2015, memuat 194 pasal, yang merupakan upaya sitematis dan terpadu yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengandalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum untuk menciptakan lingkungan hidup yang baik dan sehat bagi seluruh warga Bantul.

Respon masyarakat sangat besar, dibuktikan dengan banyaknya telepon dan SMS yang masuk sejak dibukanya sesi tanya jawab, karena keterbatasan waktu durasi acara Gardu Projotamansari hanya 90 menit, tidak semua pertanyaan terjawab pada saat acara. Usulan, saran, pendapat, pengaduan dan keberatan yang masuk pada saat acara akan ditindaklanjuti oleh BLH Bantul.

Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, peran serta masyarakat dalam melaksanakan Perda ini juga sangat diharapkan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat menuju Bantul Projotamansari, Sejahtera, Demokratis, dan Agamis. Hal ini dapat dilakukan mulai dari hal - hal yang kecil disekitar kita untuk tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah rumah tangga, menanami lingkungan sekitar dengan tanaman yang memiliki nilai estetika, ekonomis dan historis, serta melakukan perlindungan terhadap kualitas air dengan membuat sumur resapan.

Dengan diundangkannya Perda ini diharapkan dapat menjadikan Bantul sebagai daerah yang mampu melakukan pembangunan secara berkelanjutan dan mampu mensejahterakan warganya.