Berita

Penilaian Lomba Kampung Hijau Tingkat DIY di Dusun Tirto, Triharjo, Pandak Oleh BLH DIY

Selasa Legi, 29 September 2015 10:45 WIB 2520

foto

Senin, 28 September 2015, Tim Penilai Kampung Hijau BLH DIY melakukan penilaian di Dusun Tirto, Desa Triharjo, Pandak Bantul. Tim Penilai dipimpin langsung oleh Sekretaris BLH DIY, Bapak Maladi. Partisipasi Warga Dusun Tirto sangat besar, tampak dari banyaknya warga yang hadir ikut memeriahkan kegiatan penilaian lomba ini.

Tim Penilai sampai lokasi pukul 10.00 WIB, diterima langsung oleh Asisten II Bupati Bantul, Dr. Drs. Suyoto HS, M.Si, diiringi alunan gamelan jawa dan tari yang dimainkan oleh pelajar sekolah dasar Dusun Tirto. 

Acara penyambutan dihadiri oleh Musika Kecamatan Pandak, seluruh Pegawai BLH Bantul, undangan dari beberapa SKPD di Bantul, dan seluruh warga Dusun Tirto. Sambutan pertama oleh Asisten II Bupati Bantul, DR. Drs. Suyoto HS, M.Si, dilanjutkan sambutan dari Tim Penilai Lomba Kampung Hijau DIY, Bapak Maladi, dan kemudian dilanjutkan paparan tentang kondisi Dusun Tirto, oleh Kepala Desa Triharjo, Pandak.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi titik - titik pantau yang merupakan obyek penilaian lomba kampung hijau antara lain terkait pengelolaan air bersih, industri kecil kerajinan batik, pertanian organik, pengelolaan sampah, pengelolaan administrasi dan pengelolaan lainnya yang menunjang kampung hijau.

Setelah selesai mengunjungi titik pantau, bertempat di Pendopo Dusun Tirto, Tim Penilai Kampung Hijau DIY memberikan evaluasi hasil kunjungan terkait temuan - temuan dilapangan, hal apa saja yang perlu untuk dipertahankan, dikembangkan, dan usulan kegiatan baru untuk menciptakan kampung hijau yang mampu mensejahterakan warga Dusun Tirto.

Besar harapan kita, agar Dusun Tirto bisa mewakili DIY untuk maju ke tingkat nasional dengan segala potensi yang dimiliki Dusun Tirto.