Berita

Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015

Jumat Legi, 22 Mei 2015 00:46 WIB 3114

foto
Logo Hari Lingungan Hidup Sedunia 2015

Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2015 telah ditetapkan. Setelah sebelumnya menggelar kompetisi desain logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day), akhirnya UNEP (The United Nations Environment Program) memilih satu logo sebagai logo resmi Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015. Logo ini tentunya disesuaikan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care. Baca : Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015.

Adalah Koonam Kandiyil Shibin (Shibin K.K.), desainer asal India yang kemudian memenangkan kompetisi desain logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Logo ciptaannya terpilih sebagai pemenang dan mengalahkan lebih dari 300-an desain karya 262 desainer yang berasal dari 70 negara. Dan logo karya Koonam Kandiyil Shibin inilah yang kemudian ditetapkan sebagai logo resmi Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015.

Logo World Environment Day yang baru pertama kali disayembarakan ini berupa gambar sebuah lingkaran dengan angka tujuh. Lingkaran tersebut tersusun dari empat warna yakni kuning (#FFDD00), orange (#F7931D), hijau (#50B748), dan biru (#00ADEF). Lingkaran dengan keempat warna tersebut melambangkan planet bumi dengan unsur air, tanah, udara, dan flora dan fauna di dalamnya. Angka tujuh melambangkan tujuh miliar penduduk bumi. Logo tersebut bersanding dengan lambang UNEP dan tulisan tema Hari Lingkungan Hidup; Seven Billion Dreams. One Planet. Consume with Care.

Angka tujuh pada logo sekaligus diibaratkan sebagai ‘pacman'; tujuh miliar orang, bumi menelan bagian dari dirinya sendiri. Tingginya tingkat konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi saat ini telah melampaui kapasitas regeneratif bumi untuk memperbaharui sumber daya alam yang dimilikinya. Dan dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat dan pertumbuhan ekonomi, tekanan terhadap bumi di masa mendatang akan semakin berat.

Diperlukan perubahan pola konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi untuk menstabilkan tingkat penggunaan sumber daya dan mengurangi dampak lingkungan. Manusia harus lebih sadar akan kelestarian sumber daya alam. Perubahan pola konsumsi dan gaya hidup itu bisa dilakukan semisal dengan semakin efisien dan hemat dalam penggunaan barang dan energi serta mengurangi limbah makanan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day merupakan perayaan lingkungan hidup terbesar di dunia. Puncak perayaan ini digelar setiap tanggal 5 Juni dan telah diselenggarakan sejak tahun 1972. Tujuan utamanya adalah menggugah seluruh penduduk bumi untuk peduli dan ikut serta dalam melestarikan lingkungan hidup. Dan pada peringatan di tahun 2015 ini tema dan logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengajak kita untuk sadar bahwa tingkat konsumsi dan gaya hidup penduduk bumi saat ini telah melampaui kapasitas regeneratif bumi.

Referensi : http://www.unep.org/wed/wed2015 

Sumber : http://alamendah.org/2015/05/02/logo-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2015/