Berita

Pembinaan Pengelolaan Sampah untuk Pedagang Kaki Lima dan Pedagang Pasar di Pasar Niten Bantul

Kamis Kliwon, 21 Mei 2015 20:36 WIB 2564

foto
Pembinaan PKL dan Pedagang Pasar

Kamis, 21 Mei 2015 Aasosiasi Pedagang Kaki Lima, Pedagang Pasar, dan Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan Hidup mendapatkan pencerahan tentang pengelolaan sampah dari BLH DIY. Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain dari skpd terkait seperti disperindagkop, sat pol pp, kantor pasar, pengelola pasar, dan lain - lain. Acara berlangsung atas kerjasama BLH DIY dengan BLH Bantul dan kantor pasar. 

Dalam sambutan Kepala BLH Bantul  yang diwakili Kabid Penaatan Hukum dan Pengembangan Kapasitas, Drs Sukamto, mengatakan bahwa saat ini Pemda Bantul bertekad untuk meraih adipura pada tahun 2016 nanti.  Peran serta dan dukungan semua komponen masyarakat dibutuhkan untuk meraih adipura tersebut. Upaya pengelolaan sampah yang baik sangat berkaitan erat dengan Adipura. Oleh karena itu penyadaran masyarakat untuk mengelola sampah menjadi sangat penting untuk dilakukan. 

Kasi Pengembangan SDM dan Kelembagaan Lingkungan Hidup BLH DIY, Drs Jito, memberikan materi secara panjang lebar bagaimana mengelola sampah. Sampah hasil buangan warga yang tidak bertanggungjawab akan diikuti sampah yang lain, sehingga muncul timbulan sampah liar. Akibatnya di beberapa lokasi yang tersembunyi sering menjadi langganan orang yang membuang sampah. Upaya pengelolaan sampah dengan 3R, Reduce, Reuse, dan Recycle menjadi kunci bagaimana mengelola sampah dengan ramah lingkungan. Dari kegiatan ini Drs Jito berharap Pasar Niten menjadi lebih baik dengan slogan "pasare resik rejekine apik".