Berita

PAMERAN KERAJINAN SAMPAH JPSM AMOR DI BLH KABUPATEN BANTUL

Rabu Legi, 24 September 2014 13:36 WIB 3123

foto
Danrem 072 Pamungkas dan jajarannya melihat pameran kerajinan daur ulang sampah di BLH Kab. Bantul, Rabu (24/9/2014)

Bersamaan dengan acara launching pembuatan lubang biopori dalam rangka HUT TNI Ke-69 tahun 2014, kelompok pengelola sampah di Kabupaten Bantul yang tergabung dalam Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) AMOR mengadakan pameran hasil kerajinan olahan berbahan dasar sampah an organik di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kab. Bantul, Rabu (24/9/2014).

Kegiatan ini sebagai upaya untuk lebih memasyarakatkan keberadaan JPSM AMOR yang terbentuk sejak 2009 lalu dan ajang memperkenalkan produk-produk hasil kerajinan daur ulang sampah. Keberadaan kelompok ini harus selalu kreatif dan inofatif sehingga bisa mengasilkan produk baru yang bernilai seni. Pemanfaatan daur ulang sampah ini bisa dibuat berbagai macam barang jadi yang bernilai tinggi yang tadinya tidak bermanfaat hanya setumpuk sampah, namun dengan sentuhan tangan-tangan kreatif barang bekas atau sampah bisa bermanfaat dan memiliki harga jual yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Nampak dalam acara ini tamu undangan yang hadir sangat antusias dan menyambut positif keberadaan kelompok, banyak dari tamu undangan yang tidak mengira bahwa produk yang dihasilkan berbahan dasar sampah, terutama dari plastik kresek.

Danrem 072 Pamungkas, Brigjen TNI MS. Fadhilah dalam sambutannya juga  mengapresiasi kepada kelompok ini atas kreativitasnya membuat kerajinan dari sampah ini.

Dalam berbagai kesempatan, kelompok ini juga menampilkan beberapa ketrampilan hasil kerajinan tangan yang menggunakan barang bekas di antaranya dari koran bekas yang di buat menjadi pohon/bonsai, tas, aneka dompet, hiasan rambut, bunga, hiasan tirai yang terbuat dari plastik bungkus kemasan dan tas kresek, dll.   (Re)