Berita

Evaluasi Kampung Hijau di Dusun Mojolegi, Karangtengah, Imogiri

Jumat Legi, 19 September 2014 10:31 WIB 2671

foto

Dusun Mojolegi, Karangtengah, Imogiri terpilih sebagai Dusun/Desa yang mewakili evaluasi Kampung Hijau Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Evaluasi dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 17 September 2014 mulai pukul 08.30 wib. Tim Penilai dari DIY terdiri dari unsur BLH DIY, LSM (jejaring sampah), Media Cetak (KR)  dan Perguruan Tinggi (Janabadra).

Tim disambut oleh Asisten Pemerintahan Bapak Drs. Misbakhul Munir, Kepala BLH Bantul Drs. Eddy Susanto, Kecamatan Imogiri dan Lurah Desa Karangtengah. Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim melakukan pengguntingan pita di atas Kali Celeng, kemudian diantarkan menuju lokasi oleh satu bregodo prajurit. Di perjalanan menuju lokasi penyambutan/acara tim disuguhi karawitan, music kentongan, senam lansia,dan gejog lesung. Segenap warga dengan antusias menyambut tim evaluasi.

Desa Karangtengah terpilih mewakili Kabupaten Bantul dalam evaluasi tersebut karena Desa ini dirasa mampu memenuhi segenap komponen penilaian. Komponen penilaian meliputi komponen fisik, komponen manajemen, komponen peran masyarakat, dan komponen budaya/tradisi/adat.

Dalam pesan dan kesannya tim sangat terkesan dengan penyambutan warga yang sangat luar biasa. Guyup rukunnya warga masih sangat besar dan semua komponen masyarakat masih mudah untuk digerakkan. Ketua Tim masih menyayangkan adanya pembakaran sampah daun dan ada ruas sungai yang dibuangi sampah. Mengingat potensi yang begitu besar Ketua Tim akan mengajukan desa ini ke KLH untuk mengikuti Program kampung Iklim (Proklim) pada tahun yang akan dating. tsb