Berita

Penilaian Sekolah Adiwiyata 2014 Tingkat DIY di Bantul

Selasa Wage, 24 Juni 2014 12:56 WIB 3787

foto
Sudut Sekolah Adiwiyata, SMP 3 Pajangan, Bantul

Dalam rangka pengembangan pendidikan lingkungan hidup, sejak tahun 2006 Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) bersama dengan Kementrian pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang dikenal dengan Program Adiwiyata. Program ini dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, Provinsi, dan Nasional.

Komponen program adiwiyata meliputi aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah yang berbasis lingkungan, aspek kegiatan sekolah yang berbasis partisipatif, dan aspek pengelolaan prasarana dan sarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan. Pelaksanaan komponen program adiwiyata dilaksanakan dengan pembinaan, penilaian, dan pemberian penghargaan.

Pada hari senin, 23 Juni 2014, dilaksanakan penilaian sekolah adiwiyata tingkat DIY di Bantul. Sekolah Adiwiyata yang mewakili Bantul untuk penilaian sekolah adiwiyata tingkat DIY tahun 2014 adalah SD Tamanan Banguntapan, SMP 1 Bantul, SMP 3 Pajangan, dan SMA Pangudii Luhur Sedayu. 

Hasil penilaian Sekolah Adiwiyata Tingkat DIY akan diumumkan pada malam tirakatan peringatan hari kemerdekaan tingkat DIY, tanggal 16 Agustus 2014. Mudah - mudahan sekolah adiwiyata wakil Bantul bisa maju ke tingkat nasional. (IS)