Berita

Live Taman Gabusan TVRI Yogyakarta dalam Rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Rabu Pon, 18 Juni 2014 12:57 WIB 3380

foto
BLH Bantul mengisi Program Acara Taman Gabusan TVRI Yogyakarta dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup

Taman Gabusan adalah program acara televisi yang diselenggarakan oleh Pemda Bantul bekerjasama dengan TVRI Yogyakarta. Pada hari Selasa, 17 Juni 2014, Pukul 16.00 - 17.00 WIB, BLH Bantul mengisi program acara Taman Gabusan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia.

Narasumber acara adalah Kepala BLH Yogyakarta, Drs. Eddy Susanto, Ketua STTL YLH Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. Chafid Fandeli, MS, dan Ketua Pemuda Pemudi Baros (KP2B), Juni Nugroho. Acara Taman Gabusan juga dihadiri oleh Perwakilan SKPD di Bantul, Perwakilan dari BLH DIY, Perwakilan Sekolah Adiwiyata, Perwakilan Pondok Pesantren Berwawasan Lingkungan Hidup Bantul, Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) Bantul, Jejaring Sampah AMOR Bantol, dan perwakilan perusahaan menengah besar di Bantul.

Kepala BLH Bantul, Drs. Eddy Susanto menyampaikan sejarah peringatan hari lingkungan hidup se-dunia yangn jatuh pada tanggal 5 Juni, pada tahun 2014 bertema :  “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” dan memaparkan kegiatan yang telah dikerjakan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Bantul, salah satunya adalah pengendalian sampah melalui jejaring pengelola sampah dan lomba kreasi daur ulang sampah bagi siswa SMP/MTs yang sudah dilaksanakan 1 minggu yang lalu sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari lingkungan hidup untuk meningkatkan kesadaran pengelolaan sampah, beberapa hasil kreasi kerajinan dari sampah juga didispaly pada acara tersebut.

Ketua STTL YLH Yogyakarta, Prof. Dr. Ir. Chafid Fandeli, MS memaparkan tentang pentingnya melindungi ekosistem pesisir sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup tentang Baku Mutu Air Laut dan peraturan perundang-undangan tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau kecil. 

Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) adalah pelaku langsung pelestarian pesisir pantai dengan tanaman mangrove yang beralamat di Dusun Baros, Tirtohargo, Kretek, Bantul, saat ini diketuai oleh Juni Handoko. Beberapa penghargaan pernah diterima, antara lain Kalpataru Kategori Pembina Tingkat DIY. (IS)